KOMPONEN PENUNJANG USAHA ISLAMI
A. Konsep Dasar Dan Tujuan Usaha Islami
Ekonomi suatu bangsa akan baik, apabila akhlaq
masyarakatnya baik. Antara akhlaq dan ekonomi memiliki kererkaitan yang tak
dapat dipisahkan. Dengan demikian, akhlaq yang baik berdampak pada terbangunnya
muamalah atau kerjasama ekonomi yang baik. Rasulullah SAW tidak hanya diutus
untuk menyebarluaskan akhlak semata. Melainkan untuk menyempurnakan akhlak
mulia baik akhlak dalam berucap, maupun dalam tingkah laku.
Mu’amalah
adalah ajaran islam yang menyangkut aturan-aturan dalam menata hubungan antar
sesama manusia agar tercipta keadilan dan kedamaian dalam kebersamaan hidup
manusia. Konsep dasar mu’amalah dalam islam dibangun atas suatu asumsi tentang
fungsi manusia menurut ajaran islam sebagai khalifah dimuka bumi, yang bertugas
menata kehidupan sebaik mungkin sehingga tercipta kedamaian dalam hidup di
tengah perkembangan budaya manusia yang dinamis.
Agama islam mengandung tiga komponen pokok yang
terstruktur dan tidak dapat dipisahkan antara satu sama lain, yaitu: Aqidah
atau Iman, Syariah dan Akhlak.
1) Aqidah atau Iman
Aqidah merupakan keyakinan akan adanya Allah
dan Rasul yang dipilihnya untuk menyampaikan risalahnya kepada umat melalui
malaikat yang dituangkan dalam kitab suci, yang mengajarkan adanya hari akhirat
dan sebagainya.
Aqidah akan selalu menuntun perilaku seorang muslim,
agar berbuat baik, sesama, apalagi dalam kegiatan berbisnis aqidah yang
tertanam dalam jiwa seseorang akan senantiasa menghadirkan dirinya dalam
pengawasan Allah, karena itu perilaku yang tidak dikehendaki Allah akan selalu
dihindarkannya.
Keyakinan terhadap aqidah ini akan berimplikasi
dalam diri muslim, membentuk pribadi yang:
a) Tiada kekuatan lain diluar Allah. Keyakinan
ini menumbuhkan jiwa merdeka bagi seorang muslim dalam pergaulan hidup, tidak
ada manusia yang menjajah manusia lain, termasuk dia sendiri, tidak akan
menjajah orang lain.
b) Keyakinan terhadap Allah menjadikan orang
memiliki keberanian untuk berbuat, karena tidak ada baginya yang ditakuti
selain melanggar printah Allah. Ia akan selalu bicara tentang keberanianselalu
lurus, dan konsisten dalam perilakunya.
c) Keyakinan ini akan membentuk rasa optimis
menjalani kehidupan karena keyakinan tauhid menjamin hasil yang terbaik, yang
akan dicapainya secara rohaniah, karena itu seorang muslim tidak pernah gelisah
dan putus asa.
2) Syariah
Syariah merupakan aturan Allah tentang
pelaksanaan dan penyerahan diri secara total melalui proses ibadah dalam
hubungannya dengan sesama mahluk, secara garis besar syariah meliputi dua hal
pokok, yaitu ibadah dalam arti khusus atau ibadah mahdah dan ibadah dalam arti umum
atau muamalah atau ibadah ghair mahdah.
Secara estimologis syariah berarti jalan,
aturan ketentuan atau undang-undang Allah SWT. Jadi ada aturan perilaku hidup
manusia dalam hubungannya dengan Allah, sesame manusia dan alam sekitarnya untuk
mencapai keridhaan Allah yaitu keselamatan dunia dan akhirat.
Syariah mencakup dua hal pokok yaitu Ibadah
mahdah yang pelaksanaannya dicontohkan oleh Rosulullah SAW, dan ibadah ghair
mahdah yang tidak dicontohkan seluruhnya oleh nabi, seperti hubungan ekonomi,
politik, hukum dan sebagainya.
3) Akhlak
Yaitu pelaksanaan ibadah kepada Allah dan
bermuamalah dengan penuh keikhlasan. Tiga komponen ajaran islam, akidah,
syariat dan ahlak merupakan suatu kesatuan yang integral tidak dapat
dipisahkan, ini digambarkan dalam firman Allah SWT yang artinya: “Tidak kah
kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik
seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya menjulang ke langit. Pohon
itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan izin tuhannya. Allah membuat
perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat”.(QS Ibrahim ayat
24-25)
Ayat di atas dianalogikan dengan ajaran islam
dengan sebuah pohon yang baik, tumbuh subur menjulang dan buahnya sangat lebat.
Aqidah, syariat dan akhlak diumpamakan sebagai akar. Aqidah merupakan hal yang
pokok yang menopang segenap perilaku muslim. Aqidah seseorang akan menentukan
kualitas keimanannya. Jika aqidah kuat, maka syariatnyapun akan kuat, dan
akhirnya perilakutindakannya, berupa amal soleh akan baik.
B. Etika Bisnis Syariah
Ada beberapa
hal yang perlu diperhatikan dalam jual beli sehingga dapat membawa pada pola
transaksi jual beli yang sehat dan menyenangkan. Oleh karena itu, tidaklah
cukup mengetahui hukum jual beli tanpa adanya pengetahuan tentang konsep pelaksanaan
transaksi jual beli tersebut. Sebenarnya, konsep yang penulis tawarkan tidaklah
sulit melainkan konsep yang sering ditemui di kalangan masyarakat. Hanya saja,
dalam hal ini, penulis ingin memperkenalkan konsep “JARAS” dalam transaksi jual
beli yang mengacu pada Fiqh Islam. Hal ini dimaksudkan agar transaksi tersebut
jauh dari perbuatan keji, kotor dan bahkan merugikan.
Banyak para
penjual dan pembeli tidak menghiraukan konsep di atas padahal konsep tersebut
merupakan awal untuk bangkit dan menguntungkan. Di samping itu, konsep tersebut
juga merupakan komponen dalam konsep jual beli dalam fiqh Islam. Jika
diperhatikan secara global, memang perilaku tersebut kelihatan remeh, tetapi
sebaliknya, jika benar-benar diperhatikan, maka akan dapat membuat pola
transaksi jual beli yang sehat, menyenangkan dan bahkan menguntungkan. Konsep
tersebut adalah sebagai berikut :
a. Jujur
Sifat jujur merupakan sifat Rasulullah saw. yang patut ditiru. Rasulullah saw dalam berbisnis selalu mengedepankan sifat jujur. Beliau selalu menjelaskan kualitas sebenarnya dari barang yang dijual serta tidak pernah berbuat curang bahkan mempermainkan timbangan. Maka, latihlah kejujuran dalam pola transaksi jual beli karena kejujuran dapat membawa keberuntungan. Sebagaimana penjelasan dalam Hadits yang artinya: Dari Abdullah bin Harits. Ia mengadu kepada Hakim bin Hazim ra. Dan beliau berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “penjual dan pembeli dapat melakukan khiyar (memilih) selagi belum berpisah atau sampai keduanya berpisah. Apabila keduanya telah setuju dan jelas maka jual belinya mendapatkan berkah. Dan apabila keduanya saling menekan dan berdusta maka dihapus keberkahan yang ada pada jual belinya (tidak mendapatkan keberkahan)”. (HR. Al-Bukhari)
Sifat jujur merupakan sifat Rasulullah saw. yang patut ditiru. Rasulullah saw dalam berbisnis selalu mengedepankan sifat jujur. Beliau selalu menjelaskan kualitas sebenarnya dari barang yang dijual serta tidak pernah berbuat curang bahkan mempermainkan timbangan. Maka, latihlah kejujuran dalam pola transaksi jual beli karena kejujuran dapat membawa keberuntungan. Sebagaimana penjelasan dalam Hadits yang artinya: Dari Abdullah bin Harits. Ia mengadu kepada Hakim bin Hazim ra. Dan beliau berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “penjual dan pembeli dapat melakukan khiyar (memilih) selagi belum berpisah atau sampai keduanya berpisah. Apabila keduanya telah setuju dan jelas maka jual belinya mendapatkan berkah. Dan apabila keduanya saling menekan dan berdusta maka dihapus keberkahan yang ada pada jual belinya (tidak mendapatkan keberkahan)”. (HR. Al-Bukhari)
b.
Amanah
Amanah dalam bahasa Indonesia adalah dapat
dipercaya. Dalam transaksi jual beli, sifat amanah sangatlah diperlukan karena
dengan amanah maka semua akan berjalan dengan lancar. Dengan sifat amanah, para
penjual dan pembeli akan memiliki sifat tidak saling mencurigai bahkan tidak
khawatir walau barangnya di tangan orang. Memulai bisnis biasanya atas dasar
kepercayaan. Oleh karena itu, amanah adalah komponen penting dalam transaksi
jual beli. Sebagaimana dalam Alquran yang artinya: Sesungguhnya Allah menyuruh
kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, (QS.An-Nisa :58)
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui. (QS. Al-Anfaal : 27)
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui. (QS. Al-Anfaal : 27)
c. Ramah
Banyak orang yang susah untuk berperilaku ramah antar sesama. Sering kali bermuka masam ketika bertemu dengan orang atau bahkan memilah milih untuk berperilaku ramah. Padahal, ramah merupakan sifat terpuji yang dianjurkan oleh agama Islam untuk siapa saja dan kepada siapa saja. Dengan ramah, maka banyak orang yang suka, dengan ramah banyak pula orang yang senang. Karena sifat ramah merupakan bentuk aplikasi dari kerendahan hati seseorang. Murah hati, tidak merasa sombong, mau menghormati dan menyayangi merupakan inti dari sifat ramah. Oleh karena itu, bersikap ramahlah dalam transaksi jual beli karena dapat membuat konsumen senang sehingga betah atau bahkan merasa tentram jika bertransaksi. Sebagaimana keterangan dalam hadits yang artinya : Dari Jabir Bin Abdullah ra. Sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: Allah SWT akan mengasihi seseorang yang murah hati ketika menjual, membeli dan meminta. (HR. Al-Bukhari)
Banyak orang yang susah untuk berperilaku ramah antar sesama. Sering kali bermuka masam ketika bertemu dengan orang atau bahkan memilah milih untuk berperilaku ramah. Padahal, ramah merupakan sifat terpuji yang dianjurkan oleh agama Islam untuk siapa saja dan kepada siapa saja. Dengan ramah, maka banyak orang yang suka, dengan ramah banyak pula orang yang senang. Karena sifat ramah merupakan bentuk aplikasi dari kerendahan hati seseorang. Murah hati, tidak merasa sombong, mau menghormati dan menyayangi merupakan inti dari sifat ramah. Oleh karena itu, bersikap ramahlah dalam transaksi jual beli karena dapat membuat konsumen senang sehingga betah atau bahkan merasa tentram jika bertransaksi. Sebagaimana keterangan dalam hadits yang artinya : Dari Jabir Bin Abdullah ra. Sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: Allah SWT akan mengasihi seseorang yang murah hati ketika menjual, membeli dan meminta. (HR. Al-Bukhari)
d. Adil
Adil merupakan sifat Allah swt. Dan Rasulullah saw merupakan contoh sosok manusia yang berlaku adil. Dengan adil, tidak ada yang dirugikan. Bersikap tidak membeda-bedakan kepada semua konsumen merupakan salah satu bentuk aplikasi dari sifat adil. Oleh karena itu, bagi para penjual semestinya bersikap adil dalam transaksi jual beli karena akan berdampak kepada hasil jualannya. Para konsumen akan merasakan kenyamanan karena merasa tidak ada yang dilebihkan dan dikurangkan. Sebagaimana keterangan dalam Alquran yang artinya :….dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha melihat. (QS. An-Nisa’ : 58)
Adil merupakan sifat Allah swt. Dan Rasulullah saw merupakan contoh sosok manusia yang berlaku adil. Dengan adil, tidak ada yang dirugikan. Bersikap tidak membeda-bedakan kepada semua konsumen merupakan salah satu bentuk aplikasi dari sifat adil. Oleh karena itu, bagi para penjual semestinya bersikap adil dalam transaksi jual beli karena akan berdampak kepada hasil jualannya. Para konsumen akan merasakan kenyamanan karena merasa tidak ada yang dilebihkan dan dikurangkan. Sebagaimana keterangan dalam Alquran yang artinya :….dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha melihat. (QS. An-Nisa’ : 58)
e. Sabar
Sabar merupakan sikap terakhir ketika sudah berusaha dan bertawakal. Dalam jual beli, sifat sabar sangatlah diperlukan karena dapat membawa keberuntungan. Bagi penjual hendaklah bersabar atas semua sikap pembeli yang selalu menawar dan komplain. Hal ini dilakukan agar si pembeli merasa puas dan senang jika bertransaksi. Begitu pula dengan pembeli, sifat sabar harus ditanamkan jika ingin mendapatkan produk yang memiliki kualitas bagus plus harga murah dan tidak kena tipu. Sebagaimana keterangan dalam Alquran yang artinya : Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan. (QS. Ali ‘Imran : 120)
Sabar merupakan sikap terakhir ketika sudah berusaha dan bertawakal. Dalam jual beli, sifat sabar sangatlah diperlukan karena dapat membawa keberuntungan. Bagi penjual hendaklah bersabar atas semua sikap pembeli yang selalu menawar dan komplain. Hal ini dilakukan agar si pembeli merasa puas dan senang jika bertransaksi. Begitu pula dengan pembeli, sifat sabar harus ditanamkan jika ingin mendapatkan produk yang memiliki kualitas bagus plus harga murah dan tidak kena tipu. Sebagaimana keterangan dalam Alquran yang artinya : Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan. (QS. Ali ‘Imran : 120)
Berikut adalah nilai-nilai etika islam yang
dapat mendorong bertumbuhnya dan suksesnya bisnis yaitu:
1) Konsep Ihsan
Ihsan adalah suatu usaha individu untuk
sungguh-sungguh bekerja keras tanpa kenal menyerah dengan dedikasi penuh menuju
optimalisasi, sehingga memperoleh hasil maksimal.
2) Itqan
Artinya berbuat sesuatu dengan teliti dan
teratur. Jadi harus bisa menjaga kualitas sehingga hasilnya maksimal
3) Konsep hemat
4) Kejujuran dan Keadilan
5) Kerja Keras
Terdapat beberapa hal penting terkait dengan
dasar etika dalam bisnis syariah, yaitu menyangkut: janji, utang piutang, tidak
boleh menghadang orang desa ke perbatasan kota, kejujuran dalam jual beli,
ukuran takaran dan timbangan, perilaku hemat, masalah upah, mengambil hak orang
lain, memelihara bumi, perintah berusaha dan batasan pengumpulan harta.
Dalam pandangan Al Quran, tanggung jawab
individual sangat penting dalam sebuah transaksi bisnis. Setiap individu
bertanggungjawab terhadap semua transaksi yang dilakukannya. Tidak ada
seorangpun yang memiliki previlage tertentu atau imunitas untuk menghadapi
konsekuensi terhadap apa yang dilakukannya. Dalam Al Quran, hal tersebut
merupakan alat pencegah terhadap terjadinya tindakan yang tidak
bertanggungjawab, karena setiap orang akan dimintai pertanggungjawabannya baik
di dunia maupun di akhirat.
Al Quran dan Hadist telah memberikan resep
tertentu dalam tatakrama demi kebaikan seorang pelaku bisnis. Seorang pelaku
bisnis diwajibkan berperilaku dengan etika bisnis sesuai dengan yang dianjurkan
oleh Al Quran dan Sunnah yang terangkum dalam 3 (tiga) garis besar, yakni :
1. Murah Hati
2. Motivasi untuk Berbakti
3. Ingat Allah dan Prioritas Utama-Nya
Banyak ayat-ayat Al Quran dan Hadist Nabi yang
memerintahkan kaum Muslimin untuk bermurah hati. Orang yang beriman
diperintahkan untuk bermurah hati, sopan dan bersahabat saat melakukan dealing
dengan sesama manusia. Al Quran secara ekspresif memerintahkan agar kaum
Muslimin bersifat lembut dan sopan manakala berbicara dengan orang lain
sebagaimana yang tercantum dalam Surah Al Baqarah ayat 83 dan Surah Al Israa
ayat 53.
Tindakan murah hati, selain bersikap sopan dan
santun, adalah memberikan maaf dan berlapang dada atas kesalahan yang dilakukan
orang lain, serta membalas perlakuan buruk dengan perilaku yang baik, sehingga
dengan tindakan yang demikian musuh pun akan bisa menjadi teman yang akrab.
Selain itu hendaknya seorang Muslim dapat memberikan bantuan kepada orang lain
yang membutuhkan kapan saja ia dibutuhkan tanpa berpikir tentang kompensasi
yang akan didapat.
Manifestasi lain dari sikap murah hati adalah
menjadikan segala sesuatu itu gampang dan lebih mudah serta tidak menjadikan
orang lain berada dalam kesulitan. Islam menginginkan para pemeluknya untuk
selalu membantu, dan mementingkan orang lain lebih dari dirinya sendiri ketika
orang lain itu sangat membutuhkannya dan berlaku moderat dalam memberikan
bantuan.
Melalui keterlibatannya di dalam aktivitas
bisnis, seorang Muslim hendaknya berniat untuk memberikan pengabdian yang
diharapkan oleh masyarakat dan manusia secara keseluruhan. Cara-cara
eksploitasi kepentingan umum, atau berlaku menciptakan sesuatu kebutuhan yang
sangat artificial, sangat tidak sesuai dengan ajaran Al Quran. Agar seorang
Muslim mampu menjadikan semangat berbakti mengalahkan kepentingan diri sendiri,
maka ia harus selalu mengingat petunjuk-petunjuk berikut:
1) Mempertimbangkan
kebutuhan dan kepentingan orang lain;
2) Memberikan
bantuan yang bebas bea dan menginfakkannya kepada orang yang membutuhkannya;
3) Memberikan
dukungan dan kerjasama untuk hal-hal yang baik.
Seorang Muslim diperintahkan untuk selalu
mengingat Allah, meskipun dalam keadaan sedang sibuk oleh aktivitas mereka.
Umat Islam hendaknya sadar dan responsive terhadap prioritas-prioritas yang
telah ditentukan oleh Sang Maha Pencipta. Prioritas-prioritas yang harus
didahulukan adalah:
1) Mendahulukan mencari pahala yang besar dan
abadi di akhirat ketimbang keuntungan kecil dan terbatas yang ada di dunia;
2) Mendahulukan sesuatu yang secara moral
bersih daripada sesuatu yang secara moral kotor, meskipun akan mendatangkan
keuntungan yang lebih besar;
3) Mendahulukan pekerjaan yang halal daripada
yang haram;
4) Mendahulukan bisnis yang bermanfaat bagi
alam dan lingkungan sekitarnya daripada bisnis yang merusak tatanan yang telah
baik.
Dari bahasan singkat di atas dapat disimpulkan,
bahwa perilaku bisnis yang baik dan benar telah di atur dengan seksama di dalam
Al Quran sebagai pedoman hidup yang komprehensif dan universal bagi seluruh
umat Islam.
Etika bisnis memegang peranan penting
dalam membentuk pola dan sistem transaksi bisnis, yang dijalankan seseorang.
Sisi yang cukup menonjol dalam meletakkan etika bisnis Nabi Muhammad SAW adalah
nilai spiritual, humanisme, kejujuran keseimbangan, dan semangatnya untuk
memuaskan mitra bisnisnya. Nilai-nilai di atas telah melandasi tingkah laku dan
sangat melekat serta menjadi ciri kepribadian sebagai Manajer profesional.
Implementasi bisnis yang ia lakukan berporos pada nilai-nilai tauhid yang
diyakininya. Secara prinsip, ia telah menjadikan empat pilar berikut ini
sebagai dasar transaksi ekonominya.
1. Tauhid
Sistem etika Islam, yang meliputi kehidupan
manusia di bumi secara keseluruhan, selalu tercermin dalam konsep tauhid yang
dalam pengertian absolut, hanya berhubungan dengan Tuhan. Umat manusia tak lain
adalah wadah kebenaran, dan harus memantulkan cahaya kemuliaannya dalam semua
manifestasi duniawi: Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan)
kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi
mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tidakkah cukup bahwa Sesungguhnya
Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?. (Fushshilat: 53)
Tauhid, pada tingkat absolut menempatkan
makhluk untuk melakukan penyerahan tanpa syarat pada kehendakNya: Kamu tidak
menyembah yang selain Allah kecuali Hanya (menyembah) nama-nama yang kamu dan
nenek moyangmu membuat-buatnya. Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun
tentang nama-nama itu. Keputusan itu hanyalah kepunyaan Allah. dia Telah
memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus,
tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.". (Yusuf: 40)
Dalam pengertian yang lebih dalam, konsep
tauhid merupakan dimensi vertikal Islam. Tauhid memadukan di sepanjang garis
vertikal segi politik, ekonomi, sosial, dan agama dari kehidupan manusia
menjadi suatu kebulatan yang homogen dan konsisten. Tauhid rububiyyah merupakan
keyakinan bahwa semua yang ada dialami ini adalah memiliki dan dikuasai oleh
Allah SWT. Tauhid uluhiayyah menyatakan aturan darinya dalam menjalankan
kehidupan. Kedua diterapkan Nabi Muhammad SAW dalam kegiatan ekonomi, bahwa
setiap harta (aset) dalam transaksi bisnis hakekatnya milik Allah swt. Pelaku
ekonomi (manusia) hanya mendapatkan amanah mengelola (istikhlaf), dan oleh
karenanya seluruh aset dan anasir transaksi harus dikelola sesuai dengan
ketentuan pemilik yang hakiki, yaitu Allah swt. Kepeloporan Nabi Muhammad saw.
Dalam meninggalkan praktik riba (usury-interest), transaksi fiktif (gharar),
perjudian dan spekulasi (Maysir) dan komoditi haram adalah wujud dari keyakinan
tauhid ini.
2. Keseimbangan (Adil)
Pandangan Islam mengenai kehidupan berasal dari
suatu persepsi Ilahi mengenai keharmonisan alam. Kamu sekali-kali tidak melihat
pada ciptaan Tuhan yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka Lihatlah
berulang-ulang, Adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian
pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak
menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah. (Al Mulk:
3-4), Sesungguhnya kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran. (QS Al-Qamar
: 49).
Keseimbangan atau keharmonisan sosial, tak
bersifat statis dalam pengertian suatu dalih untuk status quo, melainkan suatu
sifat dinamis yang mengerahkan kekuatan hebat menentang segenap ketidakadilan.
Keseimbangan juga harus terwujud dalam kehidupan ekonomi. Sungguh, dalam segala
jenis bisnis yang dijalaninya, Nabi Muhammad Saw, menjadikan nilai adil sebagai
standard utama. Kedudukan dan tanggung jawab para pelaku bisa ia bangun melalui
prinsip “akad yang saling setuju”. Ia meninggalkan tradisi riba dan
memasyarakatkan kontrak mudharobah (100% project financing) atau kontrak
musyarakah (equity participation), karena sistem “Profit and lost sharing system”.
3. Kehendak Bebas
Salah satu kontribusi Islam yang paling
orisinil dalam filsafat sosial adalah konsep mengenai manusia ‘bebas’. Hanya
Tuhanlah yang mutlak bebas, tetapi dalam batas-batas skema penciptaan-Nya
manusia juga secara bebas. Benar, Kemahatahuan Tuhan meliputi segala kegiatan
manusia selama ia tinggal di bumi, tetap kebebasan manusia juga diberikan oleh
Tuhan.
Prinsip kebebasan ini pun mengalir dalam
ekonomi Islam Prinsip transaksi ekonomi yang menyatakan asas hukum ekonomi
adalah halal, seolah mempersilahkan para pelakunya melaksanakan kegiatan
ekonomi sesuai yang diinginkan, menumpahkan kreativitas, modifikasi dan
ekspansi seluas sebesar-besarnya, bahkan transaksi bisnis dapat dilakukan
dengan siapa pun secara lintas agama.
Dalam kaitan ini, kita memperoleh pelajaran
yang begitu banyak dari Nabi Muhammad Saw, termasuk skema kerja sama bisnis
yang dieksplorasi Nabi Muhammad Saw. Di luar praktek ribawi yang dianut
masyarakat masa itu. Model-model usaha tersebut antara lain, mudharabah,
musyrakah, murabahah, ‘ijarah, wakalah, salam, istishna, dan lain-lain.
4. Pertanggungjawaban
Selanjutnya, Nabi Muhammad Saw. mewariskan pula
pilar tanggung jawab dalam kerangka dasar etika bisnisnya. Kebebasan harus
diimbangi dengan pertanggungjawaban manusia, setelah menetukan daya pilih
antara yang baik dan buruk, harus menjalani konsekuensi logisnya: Tiap-tiap
diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya (QS AI-Muddatstsir:3)
Karena keuniversalan sifat al-'adl, maka
setiap individu harus mempertanggungjawabkan tindakannya. Tak seorang pun
dapat lolos dari konsekuensi perbuatan jahatnya hanya dengan mencari kambing
hitam. Manusia kan mendapatkan sesuai dengan apa yang diusahakannya.Dan tidaklah
seseorang berbuat dosa melainkan mudaratnya kembali kepada dirinya sendiri, dan
seorang yang berdosa tak akan memikul dosa orang lain... (QS Al-An'am :164).
Bukan itu saja, manusia juga dimintai
pertanggungjawaban atas kejahatan yang berlangsung di sekitarnya. Karena itu,
manusia telah diperingatkan lebih dahulu. Dan peliharalah dirimu dari siksaan
yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antaramu... (QS
Al-Anfal :25).
Pertanggungjawaban sepenuhnya atas ketiadaan
usaha untuk membentuk masa depan yang lebih baik, juga dipikulkan atas pundak
manusia: Sesungguhnya Allah tak akan mengubah keadaan seseorang sampai mereka
mengubah keadaan diri mereka... (QS Al-Ra'd: 11).
Wujud dari etika ini adalah terbangunnya
transaksi yang fair dan bertanggungjawab. Nabi menunjukkan integritas yang
tinggi dalam memenuhi segenap klausul kontraknya dengan pihak lain seperti
dalam hal pelayanan kepada pembeli, pengiriman barang secara tepat waktu, dan
kualitas barang yang dikirim. Di samping itu, beliau pun kerap mengaitkan suatu
proses ekonomi dengan pengaruhnya terhadap masyarakat dan lingkungan. Untuk
itu, ia melarang diperjualbelikannya produk-produk tertentu (yang dapat merusak
masyarakat dan lingkungan).
Etika bisnis seseorang harus mencontoh
ketauladanan Nabi Muhammad saw bahwa seorang muslim harus mempunyai tauhid
yaitu menyerahkan segalanya kepada Allah swt. Karena semua yang ada di dunia
ini adalah milik Allah dan harus mematuhi semua aturan yang telah ditentukan
olehnya. Seorang muslim harus adil dalam segala hal termasuk dalam bidang
ekonomi, kebebasan berkehendak bagi seorang muslim yaitu melakukan apa saja
dalam melakukan aktivitas ekonomi selama tidak melanggar yang telah ditentukan
oleh Allah saw. Termasuk harus menjaga kehalalan barang atau jasa dalam
aktivitas bisnis. Seorang muslim harus tanggungjawab yaitu bertanggungjawab
dalam segala hal termasuk dalam bidang ekonomi/bisnis. Begitu juga bertanggung
jawab atas kebebasan dalam bisnis
Daftar pustaka
http://makalahpaijo.blogspot.com/2013/04/konsep-bisnis.html)
https://id-id.facebook.com/notes/menjagabelajarmengamalkan-al-quran/kewirausahaan-berbasis-syariah/467059193307636
Tidak ada komentar:
Posting Komentar